Thursday 20 December 2012

Dampak Truk barang pada IPTEK untuk memenuhi kebutuhan Skunder

Latar Belakang

Kebutuhan sekunder timbul karena kebutuhan primernya terpenuhi, terutama kebutuhan manusia untuk berhubungan dengan manusia lain. antara lain diperlukan industri agar kebutuhan manusia secara massal dapat terpenuhi. dalam hal ini kebutuhan transportasi sangat penting bagi manusia. karena banyak manfaat nya. kali ini saya akan membahas tentang Dampak Iptek pada truk dalam memenuhi kebutuhan sekunder.


Tujuan Pembahasan

Mengetahui pembaca, agar mengetahui dapak truk/transportasi barang terhadap iptek dalam memenuhi kebutuhan sekunder di bidang transportasi. dan menjelaskan dampak negative dan positive nya.















Pembahasan

A. Transportasi sebagai pemenuhan kebutuhan skunder

Pada dasarnya transportasi sangat penting bagi kehidupan manusia. karena sangat bermanfaat bagi masyarakat didalam bidang industri dan transportasi. dengan adanya truk, manusia bisa lebih mudah dan gampang untuk memindahkan suatu barang dari tempat yang satu, ke tempat lainnya. dengan biaya yang lebih murah tentunya. Bayangkan, jika tidak ada truk di kehidupan masyarakat. tentunya sangat sulit bagi manusia untuk memindahkan barang barangnya untuk dijual kepada si pembeli (konsumen).

Analisis : dengan ini dijelaskan bahwa, truck sangat bermanfaat bagi kebutuhan sekunder pada manusia. dengan adanya truck, beban manusia jadi lebih berkurang. dan pengiriman barangpun jauh lebih baik,cepat dan aman dalam menjaga barangnya.


B. Perkembangan IPTEK pada transportasi barang pada truk

Menurut Adlof Portman Secara biologis manusia di pandang sebagai premature, karena manusia tidak memiliki daya penyesuaian terhadap lingkungannya. Dalam hal ini manusia dibekali tehnik untuk membuat lingkungannya menjadi cocok dengannya. Thenik secara umum diartikan sebagai alat perlengkapan dan metode membuat sesuatu agar lebih mudah. pada dasarnya, teknologi adalah ilmu terapan. sebaliknya teknologi juga mendorong ciptanya ilmu pengetahun yang lebih maju.

Berikut ini fase yang terdapat pada transportasi barang seperti truck.
  • Fase Proses modern transportasi barang pada truck.
Pada fase ini, transportasi seperti truck merupakan puncak perkembangan tehnik yang telah dicapai manusia.  dengan kata lain, fase proses tehnik modern ini merupakan fase proses modern. berbeda dangan transportasi  pengantar barang dulu, seperti horse cart, merupakan transportasi fase konstruktif yang selalu bermodalkan alam sekitar.

  • Tingkatan teknologi pada transportasi barang pada truck.
Dalam hal ini tingkatan tingkatan teknologi dalam transportasi truck meruapakan tingkatan teknologi hight (HI-tech). karena truck merupakan sutatu jenis teknologi mutahir yang dikembangkan dari hasil perkembangan penerapan ilmu pengetahuan baru. bisanya ciri dari teknologi ini adalah padat modal, didukung rasilitas riset tingkat tinggi, biaya perawatan tinggi, keterampilan operator tinggi, dan masyarakt penggunanya ilmia. 

  • Penggambaran tentang perkembangan transportasi barang dari zaman dulu hingga sekarang.

- Horse Cart wagon ( kuda pengantar barang) transportasi barang saat dahulu

                                                   
Dahulu masyarakat menggunakan kuda sebagai alat trasportasi pengantar baramg. pada saat itu fase tehniknya merupakan fase konstruktif.

- Truck Pengantar barang, transportasi barang saat ini


Dengan perkembangan IPTEK yang semakin maju, maka terjadilah perubahan fase tehnik pada tramsportasi barang truck merupakan fase modern. 

Analisis : Pada perkembangan transportasi barang terutama pada truck, merupakan fase modern. yang di sebabkan dengan perkembangan IPTEK yang semakin maju. sedangkan fase pada transportasi dahulu, merupakan fase konstruktif.


C. Dampak Transportasi truk barang dalam berbagai aspek

Dampak terhadap ekonomi 

Dalam hal ini transportasi sangat berkaitan dengan dampak ekonomi. karena transportasi merupakan sarana bagi manusia untuk saling berhubungan. seperti dengan adanya truk ini manusia lebih mudah dalam pengiriman barang di bidang industrinya. maka keuntungan pun lebih besar bagi manusia dengan menggunakan transportasi truk barang ini, daripada menggunakan kuda yang perjalanannya memakan waktu yang banyak.


Selain dibidang industri. transportasi juga sangat baik dalam penambahan keuangan dalam suatu negara. atas biaya pajak yang diperoleh nya. seperti kita ketahui. pajak ini juga dihasilkan dari kendaraan - kendaraan transportasi seperti mobil, angkutan umum, truk dan kendaraan lainnya.


Dampak terhadap lingkungan

Dengan banyaknya kendaaraan yang kurang ramah lingkungan, maka bisa terjadi polusi udara, yang sangat merugikan bagi lingkungan kita. sering kita lihat truk - truk di jalanan atau kendaraan lainnya, terkadang masih menggunakan kendaraannya yang sudah tidak layak pakai. dan itu menyebabkan terjadinya polusi udara.


Dengan banyak nya transportasi yang tidak ramah lingkungan. bisa terjadi polisi. yang bisa merugikan kesehatat masyarakatnya dan lingkungan pun menjadi tercemar. dalam hal ini manusia tentunya bisa lebih mudah dalam memperoleh kebutuhan sekundernya. tetapi jika kebutuhan transportasi nya tidak di batasi dengan keadaan lingkungan, maka itu bisa merugikan manusia itu sendiri. 


Dampak terhadap sosial 

Pada dasarnya, manusia sangat membutuhkan transportasi sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan sekundernya. Dengan adanya transportasi di suatu negara. maka banyak sekali peluang pekerjaan yang dapat di peroleh oleh masyarakatnya. contohnya di bidang industri. banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja sebagai kurir truck untuk mengirim hasil jualanya. maka dari itu, transportasi memang sangat bermanfaat terutama di dalam lingkungan pekerjaan. sperti supir angkot, supir truk dan lainnya.

Analisis : Seperti yang dijelaskan diatas. trasportasi memiliki berbagai dampak dalam memenuhi kebutuhan skunder. seperti pemanfaatan truck sebagai alat transportasi di bidang industri. bahkan dampak terhadal lingkungan dan sosial yang di jelaskan tadi. Dari sini bisa kita analisis tentang dampak positive dan negativenya.


  • Dampak Positive
- Sebagai pemenuhan kebutuhan sekundur masayarakat. 
- Sebagai lapangan kerja di bidang transportasi dan industri. 

  • Dampak Negative 
- Tercemarnya polusi udara dengan transportasi darat yang kurang ramah lingkungan. 
- Macet nya kendaraan di jalanan karena adanya transportasi massal.  


Kesimpulan :

Dengan demikian transportasi barang seperti truck, merupakan transportasi yang sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan sekundernya. dengan adanya truck manusia bisa lebih mudah dalam bekerja sama di bidang industri. dari zaman ke zaman truck merupakan transportasi yang memiliki fase modern dan tingkatan teknologi yang tinggi. berbeda dengan dulu yang masih menggunakan kuda sebagai alat transportasi nya. dengan adanya truck, tingkat ekonomi pun bisa bertambah karena adanya pajak. dan lapangan pekerjaanpun bisa semakin bertambah. tetapi, transportasi yang tidak ramah lingkunganpun, bisa berdampak negative terhadap lingkungan. dan itu bisa merugikan masyarakatmya.  

Refrensi : 

Archapi, Deddy Yusuf, Zaenal Arifin, dan Bambang Sugeng. 2000 . Prestasi Ekonomi 1. Bandung : Ganeca Exact. 

Pranto, Windu. 1997 . Ekonomi 1. Surakarta : PT Pabelan.

Rahardjo, Pratama. 2000. Ekonomi 1.Klaten : Intan Prawira.

Ritongan, dkk. 2000. Pelajar Ekonomi 1. Jakarta : Erlangga.

Suradijman dan Christian Toweula. 1997. Ekonomi 1. Depdikbud.

Ati, Harmoni. 1992. Pengantar Ilmu Alamiah Dasar. Depok : Gunadarma






1 comment: