Friday 16 December 2016

Tugas 7 Ekonomi Koperasi : Contoh Koperasi Sukses di Indonesia

Nama : Muhammad Afif Fadhlullah
Kelas  : 2EB16


Koperasi adalah badan usaha yang beranggotakan orang seorang atau badan hukum koperasi dengan melandaskan kegiatannya berdasarkan prinsip koperasi sekaligus sebagai gerakan ekonomi rakyat yang beradasarkan atas dasar asas kekeluargaan. (UU No. 25 1992)

Koperasi sangat membantu dalam perekonomian masayarakat di Indonesia, karena koperasi sendiri bertujuan untuk mensejahterakan anggota dan masyarakat, serta meningkatkan penghasilan anggota.

Di Indonesia, sudah banyak koperasi yang sukses menjalankan usahanya demi meningkatkan kesejahteraan anggota. salah satu contoh dari koperasi sukes di Indonesia yaitu Koperasi Kredit Obor Mas yang bergerak dibidang simpan pinjam.

Sebagaimana dimaklumi bahwa para guru SD di Kabupaten Sikka dikala tahun 1972, seiring mengalami kondisi ekonomi rumah tangga yang serba tidak pasti kerena sering dilanda kesulitan pemenuhan kebutuhan rumah tangga yang serba mendesak dan mendasar seperti Pendidikan, bangun rumah, kesehatan dll, sementara itu pendapatan mereka sebagai PNS sangat pas-pasan. Kondisi ini kadang mengganggu aktivitas mereka sebagai abdi negara dan tidak sedikit diantara mereka yang harus berhadapan dengan rentenir.

Menyadari akan hal ini, Bapak yosef Doing ( Kepala Dinas P&K Kab. Sikka waktu itu) bersama Alm. Remigius Sinantong Parera membentuk arisan dikalangan para guru SD. Dalam perjalanan, disadari bahwa kelomkpok arisan yang telah dibentuk tersebut tidak akan bertahan lama serta tidak akan berkembang menjadi sebuah lembaga keuangan yang besar dan permanen. Kemudian muncul pemikiran untuk membentuk sebuah Kelompok Usaha Bersama Simpan Pinjam yang dikenal dengan nama Credit Union.
Pada tanggal 04 November 1972, atas inisiatif Bapak Yosef Doing (Alm) selaku Kepala Dinas P&K Kab.Sikka bersama Bapak Remigius Sinantong Parera (Alm), Bapak Yosef Lafanto Parera, Bapak Stanislaus Osisi da Lopez, Bapak G. Bertholdus da Lopez (Alm) mendirikan sebuah koperasi untuk kalangan guru SD dan pegawai TTU Dinas P&K, dengan Nama Cu Obor Mas.

Daftar Pustaka :

Kopditobormas. 16, Desember, 2016. "Sejarah Kopdit Obor Mas" http://kopditobormas.com
Republik Indonesia. 1992. Undang – Undang No. 25 Tahun 1992 tentang Perkoperasian. Lembaran Negara RI Tahun 1992, No. 116. Sekretariat Negara. Jakarta




No comments:

Post a Comment