Tuesday 4 November 2014

Komponen atau Elemen Sistem

Definisi Sistem :

Murdick, R. G (1991:27), Sistem adalah seperangkat elemen yang membentuk kumpulan atau prosedur-prosedur atau bagan-bagan pengolahan yang mencari suatu tujuan bagian atau tujuan bersama dengan mengoperasikan data dan/atau barang pada waktu rujukan tertentu untuk menghasilkan informasi dan/atau energi dan/atau barang.

Davis, G. B (1991:45), Sistem adalah kumpulan dari elemen-elemen yang beroperai bersama-sama untuk menyelesaikan suatu sasaran.

Dan Berikut ini Merupakan Beberapa Elemen dari Sebuh Sistem Yaitu





1. Tujuan


Menurut H.R. DAENG NAJA

Tujuan merupakan misi sasaran yang ingin dicapai oleh suatu organisasi di masa yang akan datang dan manajer bertugas mengarahkan jalannya organisasi untuk mencapai tujuan tersebut.

Menurut IDA NURAIDA

Tujuan merupakan bagian dari fungsi planning atau perencanaan dan merupakan langkah awal fungsi manajemen.

Menurut Penulis

Tujuan Merupakan sutu Sasaran yang ingin di Capai oleh Organisasi dari Fungsi perencanaan dengan melakukan sebuah sistem menajemen.

2. Input 



Menurut Blog Ardiansyah

Pengertian input (masukan) yaitu energi yang dimasukkan ke dalam sistem. Masukan dapat berupa masukan perawatan (maintenance input) dan masukan sinyal (signal input). Umumnya data yang diperlukan adalah sebagai masukan sistem yang diturunkan dari kebutuhan informasi.

Menurut Blog Ahmad Prakasa

Input adalah semua data dan perintah yang dimasukkan ke dalam memori komputer untuk selanjutnya diproses lebih lanjut oleh prosesor. Sebuah perangkat input adalah komponen piranti keras yang memungkinkan user atau pengguna memasukkan data ke dalam komputer, atau bisa juga disebut sebagai unit luar yang digunakan untuk memasukkan data dari luar ke dalam mikroprosesor.

Menurut Penulis

Merupakan Unit luar yang digunakan untuk memasukan data dari luar kedalam Mikroprosesor

3. Proses


Menurut Blog Chasan Safrudin

Proses adalah keadaan ketika sebuah program sedang di eksekusi. Saat komputer berjalan, terdapat banyak proses yang berjalan secara bersamaan. Sebuah proses dibuat melalui system call create-process yang membentuk proses turunan ( child process) yang dilakukan oleh proses induk ( parent process). Proses turunan tersebut juga mampu membuat proses baru sehingga semua proses ini pada akhirnya membentuk pohon proses

Menurut Blog Wahyu Eridiana

Merupakan suatu susunan elemen yang membentuk suatu kegiatan atau suatu prosedur/skema yang berorientasi ke arah tujuan yang sama dengan memalui pengoprasian data kedalam sewaktu - waktu untuk memperoleh suatu informasi.

Menurut Penulis

Merupakan Serangkaian kegiatan yang saling berinteraksi yang mengubah Input menjadi Output

4. Output 



Menurut Blog Ahmad Prakasa 

Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan. Artinya komputer memproses data-data yang diinputkan menjadi sebuah informasi. Yang disebut sebagai perangkat output adalah semua komponen piranti keras yang menyampaikan informasi kepada orang-orang yang menggunakannya.

Menurut Penulis

Merupakan Unit yang digunakan untuk menampilkan data dari dalam mikroprosesor

5. Batasan Sistem



Menurut Blog Felix3utama

Batas sistem (boundary) merupakan daerah yang membatasi antara suatu sistem dengan sistem yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya. Batas sistem ini memungkinkan suatu sistem dipasang sebagai suatu kesatuan. Batas suatu sistem menunjukkan ruang lingkup (scope) dari sistem tersebut.

Menurut Penulis

Merupakan Daerah yang membatasi suatu sistem dengan Keterkaitan sistem lainnya dan Membatasi lingkungan Luar dari sistem itu sendiri.

6. Control Mechanism dan Umpan balik 


Menurut A.Y Erwin Dodu

Umpan-balik  merupakan  mekanisme  pengaturan  terhadap  suatu  sistem  fisik  yang  dilakukan sedemikian  rupa  sehingga  mekanisme  ini  berusaha  untuk  mempertahankan  keadaan  tertentu  dari sistem yang dikendalikan. Umpan-balik bekerja dengan cara mengukur keadaan aktual sistem fisik dan menentukan  sejauh  mana  keadaan  tersebut  menyimpang  dari  keadaan  yang  diinginkan.

Menurut Penulis

Merupakan mekanisme pengaturan sebuah sistem yang diinginkan dengan hasil mendapatkan Keinginan yang telah kita kerjakan dari sutu Proses tersebut. Jadi kita membuat suatu proses dan kemudian kita mendapatakan hasil dari apa yang telah kita buat.

7. Lingkungan Luar Sistem


Menurut Blog Felix3utama

Lingkungan luar (environment) dari suatu sistem adalah apapun diluar batas dari sistem yang mempengaruhi operasi sistem. Lingkungan luar sistem dapat bersifat menguntungkan dan dapat bersifat merugikan sistem tersebut. Lingkungan luar yang menguntungkan merupakan energi dari sistem dan dengan demikian harus tetap dijaga dan dipelihara. Sedang lingkungan luar yang merugikan harus ditahan dan dikendalikan, kalau tidak maka akan mengganggu kelangsungan hidup dari sistem.

Menurut Penulis

Lingkungan luar dari susatu sistem merupakan lingkungan yang berada di luar dari sistem. yang dapet mempengaruhi sebuah sistem itu sendiri. Apa bila kita bisa mengontrol lingkungan luar tersebut, maka lingkungan itu dapat menguntungkan untuk sistem yang kita buat. dan sebaliknya, apabila kita tidak bisa menjaga Lingkungan luar sistem itu, maka bisa merugikan sistem yang telah kita buat

Refrensi :










No comments:

Post a Comment