Friday 30 May 2014

Wirausaha

Nama Kelompok :

- John Mario H.B
- Muhammad Afif F
- Novari Apriadi
- Reza Fachrul
- Ricardo Yonatan
- Yansen S

Latar Belakang

Wirausaha merupakan Seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dan menjalankan kegiatan usahanya. Berwirausaha sangat baik untuk kehidupan negara dan masyarakat. karena dapat memberikan kemandirian rakyat untuk menciptakan lapangan pekerjaan, tanpa harus bergantung pada negara. kali ini kita akan mebahas tentang Wiruasaha dalam Berbagai hal.


Tujuan Pembahasan

Mengetahui pembaca tentang berwirausaha dalam berbagai hal.


Sejarah Wirausaha di Indonesia

Wira merupakan arti dari pejuang, dan usaha berati berbuat sesuatu. yang berari Pejuang yang berbuat sesuatu. di indonesia kewirausahaan mulai dikenal di abad 20an diplajari di beberapa perguruan tinggi di indonesia dan belum begitu berkembang. sejalan dengan adanya tantangan dan krisis ekonomi, pemahaman tentang kewirausahaan, baik secara formal maupun melalui latihan latihan di segala lapisan masyarakat menjadi sangat berkembang. bahkan saat ini banyak masyarakat yang memilih menjadi wirausahawan. dan saat ini jumlah wirausahawan di indonesia sudah mencari 1,5 % hampir mencapai angka idealnya sebesar 2%.

Sifat dan Ciri  Wirausaha 


Agar dapat pencapai tujuan yang diinginkan, maka setiap orang yang ingin berwirausaha harus memiliki beberapa sifat dan ciri - ciri yang baik. 


Sifat Wirausaha 
- Memiliki sifat kemandirian, keyakinan, individualis yang baik dan optimisme
- Memiliki kemampuan mengambil resiko dan tantangan
- Bertingkah laku sebagai pemimpin dan mampu bergaul dengan orang lain.
- Memiliki Inovasi dan Kreativitas tinggi.
- Memiliki Presepsi dan pandangan orientasi pada masa depan 
- Memiliki keyakinan hidup harus Bekerja Keras 

Ciri Wirausaha
- Jujur dan tekun 
- Percaya diri 
- Berani mengambil resiko 
- Berorientasikan Tugas dan hasil 
- Berorientasikan ke masa depan
- Kepemimpinan

Jenis - Jenis Bidang Wirausaha


Dalam wirausaha banyak berbagai bidang usaha yang dapat kita kerjakan jika kita ingin berwirausaha. dan berikut ini beberapa jenis bidang usaha.

1. Kuliner 

Jenis bidang ini paling banyak di geluti beberapa wirausahawan, karena makanan merupakan kebutuhan pokok bagi manusia. dengan ide yang inovatif dan kreative suatu produk makanan dapat menjadi daya tarik tersendiri.


Contoh Produk Wirausaha Kuliner di Indonesia : Kebab Turki Baba Rafi

2. Fashion 

Fashion merupakan Kebutuhan utama manusia selaian makanan dan minuman. karena itu wirausahawan banyak sekali menggeluti bidang ini sebagai bidang wirasuahanya.


Contoh Produk Wirausaha Fashion di indonesia : Lea Jeans 

3. Properti 

Dalam era globalisasi, Bisnis properti merupakan bisnis yang menguntukan. kerena setiap tahunnya harga tanah akan semakin naik. karena itu bisnis ini sangat menguntungkan. 


Contoh Brend wirausha Bidang Properti di indonesia : Agung Podomoro Land

4. Usaha Peternakan 

Usaha ini memiliki beberapa jenis seperti penyedian makanan ternak, penyedian hasil ternak, dan obat - obatan ternak. dan usaha ini merupakan usaha yang digermari oleh sebagain masyarakat. 



Contoh Brend Wirausha Bidang Peternakan di indonesia : Central Ternak Mojokerto

Masih banyak lagi jenis Wirausaha lainya seperti di bidang Transportasi Jasa, Teknologi dan Media.


Manfaat Wirausaha dalam Perekonomian Negara


Wirausaha Berperan baik dalam menyediakan lapangan pekerjaan yang dapat bermanfaat bagi setiap masayarakatnya. dengan adanya wirausah yang cukup dalam suatu negara, akan membuat tingkat pengangguran semakin mernurn. yang memberikan hal positif dalam meningkatkan pendapatan perkapita. dan juga dapat mengurangi tingkat kriminalalitas yang biasa timbul dari pengangguran. dan berikut ini beberapa manfaat Wirausahawan dalam Perekonomian negara.

- Menciptakan Lapangan Kerja
- Mengurangi Pengangguran
- Meningkatkan Produktifitas Nasional
- Meningkatkan pendapatan masyarakat

Kesimpulan

Wirausaha merupakan Seseorang yang bebas dan memiliki kemampuan untuk hidup mandiri dan menjalankan kegiatan usahanya. wirausahawan memiliki sifat dan ciri seperti memiliki sikap kepemimpinan, tanggung jawab yang tinggi, memiliki inofasi dan kreatifitas tinggi, dan berani mengambil resiko. Wirausaha memiliki berbagai jenis bidang seperti, Kuliner, Fashion, Industri, dan Properti. Wirausaha sangat bermanfaar bagi Perekonomian negara, karena dapat mengurangi angga pengangguran serta meningkatkan pendapatan masyarakatnya.

Refrensi :

http://www.youtube.com/watch?v=5b2NW8Mu-Ww





1 comment: