Wednesday 5 December 2012

The Solar System "Matahari"

Latar Belakang

Mungkin kalian semua sudah tau tentang salah satu bintang terpanas di pusat tata surya ini. bintang ini merupakan bintang yang banyak manfaat nya bagia kelangsungan kehdupan manusia dan bahkan kehidupan mahluk hidup di muka bumi ini. dan kali ini saya akan menjelaskan tentang si bintang terpanas di solar system ini.




Tentang Matahari

Dalam tata surya, matahari merupakan benda yang paling besar. Matahari merupakan jantun tata surya, ia merupakan suatu bintang yang istimewa. Jaraknya sangat dekat dengan bumi, dibandingkan dengan jarak bintang-bintang lainnya. di perkirakan jarak bumi - matahari sekitar 1.496 x 10km.

Dan berikut ini adalah bagian - bagian pada Matahari

Gambar Matahri 

Keterangan Bagian Matahari : 

  1. Inti/Core : Inti matahari adalah tempat terjadinya reaksi termonuklir, tempat hidrogen terbentuk menjadi helium dan diubah menjadi energi dengan suhu kurang dari 20 jutaoC.
  2. Photosphere : bagian yang tampak seperti piring emas dan mempunyai suhu kurang dari 20 jutaoC.
  3. Chromosphere : pancaran cahaya yang mengelilingi photosphere. Chromosphere ini hanya dapat dilihat melalui teropong. 
  4. Corona : lapisan matahari yang paling luar dan mengelilingi chromosphere. lapisan ini hanya dapat terlihat pada saat gerhana matahari total, dan menyerupai mahkota.
  5. Prominences : ledakan - ledakan yang tampak pada sisi matahari dimulai dari permukaan Photosphere 
  6. Sunspot : noda hitam yang terdapat pada permukaan photosphere 
  7. flare : bagian matahari yang mempunyai cahaya yang sangat terang dan terletak diantara sunspot. 
Manfaat Matahari bagi Manusia : 

  • Dengan adanya panas matahari ini dapat memberikan suhu yang pas dalam kelangsungan hidup organisme di muka bumi ini.selain itu dengan adanya panas matahari maka dapat memungkinkan terjadinya angin, hujan, cuaca, dan iklim.
  • Sebagai Pembangkit tenaga listrik : dengan adanya cahay matahri, dapat menghasilkan energi listrik, melalui kaca- kaca besar dan panel yang akan menangkap cahaya matahari dan mengkonsentrasikannya.
                                                         Gamabar Instalasi PLTS

  • Sebagai Kelangsungan hidup Flora : dengan adanya cahaya matahari, tumbuhan dapat berfotosintesis dengan kelorofilnya. 
  • Sebagai Penanda Waktu siang dan malam : dengan adanya pergerakan bumi ini maka ada bagian/daerah yang dapat menerima sinar matahari dan tidak menerima sinarnya. ini disebabkan karena adanya pergerakan bumi. dengan adanaya ini dapat menandakan waktu siang dan malam. 
  • Sebagai penyatu benda dan planaet di angkasa : karena dengan gaya gravitasi matahari yang sangat besar maka planet - planet dan benda angkasa dapat berputar di luar angkasa karena tertahan oleh gravitasi matahari. 
kesimpulan : 

Matahari merupakan bintang yang terpanas di solar system, dan menjadi bintang yang sangat bermanfaat bagi kelangsungan kehidupan di bumi. dan matahari juga bermanfaat sebagi pemersatu planet dan benda di luar angkasa. matahari memiliki bagian - bagian seperti inti, photospher, chromosphere, corona, prominences, sunspot, dan flare. 



Refrensi : 





No comments:

Post a Comment