Tuesday 11 December 2012

Dampak Mesin Jahit untuk pembuatan Pakaian

Latar Belakang

Manusia Sebagai mahluk susila memerlukan pakaian. pada dasarnya pakaian digunakan untuk menutup auratnya saja. dan pakaian juga berfungsi unutuk melindungi dari sinar matahari dan udara dingin. proses pembuatan pakaian juga beragam. seiring dengan perkembangan zaman, alat - alat modern juga mempermudah manusia unutuk memperoleh kebutuhan - kebutuhan primernya. kali ini saya akan menjelaskan tentang dampak mesin jahit dalam Iptek untuk memenuhi kebutuhan primer, terutama pakaian.


Tujuan Pembahasan

Mengetahui dampak negative dan positive dari pembuatan pakaian menggunakan mesin jahit.

















A. Pembahasan
  •     Seputar tantang jahit-menjahit.
Mesin Jahit adalah peralatan mekanis atau elektromekanis yang berungsi untuk menjahit. sejarah jahit - menjahit menggunakan jarum sudah dimulai awal peradaban manusia. pada zaman dahulu bahan jarum yang digunakan terbuat dari batu, tembaga, tulang ataupun gading. jarum yang masih kasar itu, digunakan untuk menyatukan kulit hewan menjadi pakaian. sedangkan benang yang digunaka adalah otot hewan. namun di masa kini menjahit pakaian sudah di lakukan secara modern. dengan adanya mesin jahit, manusia lebih mudah dalam pembuatan baju.


B. Perkemangan Iptek pada Mesin Jahit Untuk menghasilakan Pakaian. 
  • Fase proses tehnik 
Dalam Pembuatan pakaian dengan menggunakan mesin jahit. fase tehniknya merupakan fase tehnik modern yang merupakan fase yang mampu melakukan penciptaan berupa mesin. berbeda dengan proses menjahit pada zaman dulu yang merupakan fase tehnik destruktif yang memecahkan masalahnya langsung dari alam. 

Analisis : 
Dari keteranagan perkembangan iptek pada mesin jahit. Berdampak positive karena proses pembuatannya mempermudah manusia dalam proses pembuatan pakaian. dan proses nya juga menggunakan mesin yang sangat bermanaat bagi manusia.  


C. Dampak Iptek Mesin Jahit dalam segala aspek kehidupan. 

kali ini kita akam membahasa tentang dampak Iptek pada mesin jahit untuk memenuhi kebutuhan primer, seperti sandang.

Dampak terhadap Ekonomi

Dalam pembuatan pakaian yang menggunakan mesin jahit ini sebenarnya secara tidak langsung sudah mengemukakan maslah ekonomi. dengan adanya mesin jahit ini. manusia dapat mencari nafkah nya dengan berprofesi menjahit. dengan adanya alat modern ini. manusia lebih mudah mendapatkan kebutuhan sandangnya. sehingga jika masayarakat mempunyai penghasilan dari proses membuat atau menjahit baju, maka akan semakin bertambah angka pendapatan nilai perkapita.


Dengan adanya mesin jahit, masayarakat bisa mendapatkan penghasilan dan menaikan angka pendapatan perkapita perekonomian sautu negara. yang diperolehnya dengan membuat atau menjahit baju. yang sangat dibutuhkan padamasyarakat.


Dampak terhadap Sosial 

Di bidang sosial ini masayarakat bisa merasakan hasil dari perkembangan teknologi yang memudahkan manusia dalam mendapatkan kebutuhan primernya. dengan berkembangnya industri manusia berada dalam lingkungan lapangan perkerjaan. seperti tempat pelatihan jahit, dengan adanya tempat pelatihan maka masayarakat dapat menambahkan kemampuan ilmu pengetahuannya. dan dapat saling bersosialisasi terhadap lingkungan dan masayarakatnya terhadap ilmu yang diplajarinya. sehingga masayarakat bisa hidup mandiri karena memiliki kemampuan menjahit pakian, yang menjadi kebutuhan hidupnya.



Dengan adanya tempat pelatihan kursus menjahit, masayarakat bisa memiliki kemampuan dan bisa saling bersosialisasi terhadap pembuatan pakaian yang sangat dibutuhkan di masayarakat.

  • Mesin jahit bisa berdampak negative 
Tetapi tidak selamanya teknologi bisa berdampak positive. contohnya jika penggunaan mesin tidak di seimbangi dengan sumber daya manusia. maka bisa menyebabkan penganguran teknologi. yaitu pengangguran yang terjadi karena banyaknya penggunaan mesin mesin modern. serperti contoh kasus pada mesin jahit ini.

Dalam hal ini yang dimaksudkan adalah. jika sebuah perusahaan jasa di bidang jahit, dulunya karyawannya berjumlah 10 orang dengan bekerja dengan cara menjahit dengan tangan saja. dan setelah adanya penggunaan mesin jahit. maka tenaga kerja berkurang menjadi 5. karna hasilnya si pekerja 10 orang dengan cara tradisional dengan 5 orang menggunakan mesin jahit. hasil nya pun sama. dan dengan adanya mesin jahit. bisa terjadinya pengurangan tenaga kerja.

Dari dampak pengangguran tersebut maka bisa terjadi kesenjangan sosial. bahkan bisa menyebabkan kriminalitas dan dampak lainnya lainya.


Jika penggunaan mesin jahit tidak diseimbangi dengan perkembangan sumber daya manusia (SDM), maka bisa menyebabkan pengangguran teknologi seperti penjelasan di atas tadi.

Dampak terhadap Budaya

Budaya pada umumnya budaya merupakan suatu ide, gagasan dan tingkah laku. dalam hal ini, budaya berpakaian sudah di lakukan jauh sebelum kehidupan kita saat ini. sejak dulu, pakaian adalah sutu kebutuhan yang sangat penting bagi kebutuhan manusia. dan proses pembuatanyapun bisa berubah, seiring dengan perkembangan zaman. jika dulu manusia membuat pakaian dengan hanya menggunakan tangan saja. kini di zaman modern manusia bisa membuat baju lebih rapih dengan menggunakan mesin jahit.

Analisis :

Dengan demikian bisa kita analisis bahwa, perkembangan iptek terhadap mesin jahit unutk memenuhi kebutuhan pangan bisa memili berbagai dampak. dan berikut dampak positive dan negative yang telah saya simpulkan. 
  •  Dampak Positive
1. Sebagai Kebutuhan Sandang 
2. Dapat menguntungkan si penjahit
3. Meningkatkan Perekonomian suatu negara.
  •  Dampak Negative 
1. Terjadinya Pengangguran Teknonologi
2. terjadinya kesenjangan sosial dan kriminalitas.

Kesimpulan

Jadi inti dari permasalahan ini adalah. semakin berkembangnya iptek dalam pemenuhan kebutuhan primer manusia. maka semakin mudah manusia dalam memenuhi kebutuhan primernya, terutama sandang. dalam hal ini pembuatan pakaian dengan alat mesin jahit, bisa berdampak positive dan negative bagi manusia. dan memiliki banyak dampak seperti dampak ekonomi, sosial, dan budaya. dengan tujuan agar penggunaan mesin jahit ini bisa mempermudah kehidupan manusia.


Refrensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_jahit
http://kakagung.blogspot.com/2012/02/pengangguran-teknologi.html
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgAPuGv-tsV7smb-lOFHPhtbtrQqrYOsToI7a3-JHCTPuXMWW5HIpRfYCM7QMtOp2MOiV47yD4mK7vGof3E3LauZNCvqT4LD12QN_nESf7QGlHX1gKqXExdI3iekGmEMhTHtZxvTa5tgjqg/s1600/dinsosnakertrans_latih_remaja_putus_sekolah_menjahit_731.gif
http://www.google.co.id/imgres?
http://www.google.co.id/imgres?q=pengangguran&hl=id&tbo=d&biw=1024&bih=587&tbm=isch&tbnid=8stfc50bn7SuFM:&imgrefurl=http://mizan.com/news_det/wow-jumlah-pengangguran-di-eropa-capai-22-juta-orang.html&docid=_C3Q-KVDMUO51M&imgurl=http://mizan.com/datafitur/news_img/1/201207/unemployment.jpg&w=460&h=325&ei=FdnMUKGVMsnUrQeyuICQDg&zoom=1&iact=hc&vpx=553&vpy=287&dur=6142&hovh=189&hovw=267&tx=145&ty=84&sig=113088487289611845396&page=4&tbnh=144&tbnw=199&start=54&ndsp=20&ved=1t:429,r:57,s:0,i:262






1 comment:

  1. Pemikiran yang bagus.. Terimakasih sharing ilmunya.. Best Regards : Fitinline..

    ReplyDelete